Jumat, 08 Maret 2013

Pubertas Itu Apa?


Kawan muda pasti telah banyak mendengat istilah puber, kan?
Nah, terkait hal itu, ada psikolog yang mengatakan bahwa pubertas berasal dari kata “pubes” yang berarti tumbuhnya “public hair” atau “rambut kemaluan”. Namun sebenarnya bukan hanya rambut kemaluan saja yang tumbuh. Namun rambut/bulu pada bagian lain juga tumbuh misalnya bulu dada dan kumis pada laki-laki.
Tentu saja pubertas tidak hanya melulu tentang tumbuhnya rambut, tetapi juga banyak perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual. Salah satunya adalah perubahan dalam hormon khususnya yang berhubungan dengan fungsi seksual. Remaja yang telah mengalami masa puber ini akan memiliki fungsi seksual yang seharusnya yaitu sebagai alat reproduksi manusia. Ada banyak tanda, namun yang paling penting untuk perempuan yang telah puber adalah mengalami menstruasi atau keluarnya darah dari kemaluan. Dan untuk putra ditandai dengan mengalami “mimpi basah”.
Sebagai permulaan akan dibahas tanda-tanda bahwa kawan muda telah mengalami masa pubertas secara fisik. Untuk perubahan secara hormon dan fungsi seksual akan dibahas nanti di artikel selanjutnya ya. Tunggu aja, he *promosi dikit..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar